Skip to main content

Blog Gue

follow us

4 Cara Menerapkan Sistem Manajemen SDM Berbasis Kompetensi

Perusahaan berskala besar dengan jumlah karyawan mencapai ribuan tentunya membutuhkan sistem manajemen SDM untuk mempermudah pengelolaan karyawan. Sistem manajemen SDM yang bisa diandalkan adalah pengelolaan fungsi SDM berbasis kompetensi. Dengan teknologi yang ada, aplikasi manajemen kompetensi akan menambah efektivitas tim HR untuk mengelola data ribuan karyawan dalam waktu singkat.

Tak hanya itu, dengan aplikasi manajemen kompetensi, memungkinkan tim HR untuk mengidentifikasi karyawan-karyawan mana saja yang kompeten dan menyesuaikan keterampilan yang mereka miliki untuk ditempatkan pada pos posisi jabatan yang tepat. Bagaimana cara menerapkan sistem manajemen SDM berbasis kompetensi yang ideal? Simak info berikut.

1. Proses Rekrutmen

Dalam proses merekrut karyawan baru, perusahaan umumnya akan memiliki sejumlah kualifikasi yang harus dipenuhi calon kandidat. Baik persyaratan administratif, hingga kualitas dan kompetensi sesuai jabatan atau posisi lowongan yang ditawarkan. Dengan begitu, tim HR dapat memiliki talenta terbaik dan berhasil menemukan calon kandidat yang diinginkan dalam waktu yang efisien berdasarkan kompetensi SDM.

2. Pelatihan SDM

Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan aset penting bagi perusahaan. Jika perusahaan memiliki SDM berkualitas, jangan ragu untuk berinvestasi lebih lanjut dalam meningkatkan skill dan mengembangkan potensi yang dimiliki karyawan Anda.

Misalnya dengan pelatihan SDM atau pengembangan SDM yang dapat menumbuhkan motivasi para karyawan untuk bekerja lebih maksimal. Secara drastis, kinerja perusahaan akan turut meningkat. Pelatihan SDM ini tentunya harus dilakukan berdasarkan kompetensi dan minat setiap karyawan agar si karyawan merasa lebih nyaman dan terarah dalam mencapai karirnya.

3. Pengembangan Karir

Untuk menentukan karyawan siapa saja yang akan terpilih dalam program Pengembangan Karir, tim HR dapat memanfaatkan aplikasi performance appraisal atau performance management. Karyawan atau SDM yang memiliki kompetensi lebih berpotensi besar dan mudah diarahkan.

Dalam program pengembangan karir ini, perusahaan bisa melakukan promosi jabatan atau mutasi berdasarkan penilaian kinerja karyawan. Berikan apresiasi dan informasikan kepada para karyawan lain jika ada individu yang berhasil mencapai target dan penilaian kinerja terbaik di perusahaan Anda.

4. Memberikan Apresiasi

Langkah selanjutnya untuk menerapkan sistem manajemen SDM berbasis kompetensi dengan lebih mudah dan menyenangkan bagi setiap karyawan adalah memberikan apresiasi. Karyawan adalah inti dari perusahaan. Tanpa karyawan yang produktif, kinerja perusahaan akan terus merosot bahkan lumpuh. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan itu mudah.

Misalnya, dengan memberikan penghargaan atau reward jika ada karyawan yang kompeten dalam menyelesaikan proyek atau mencapai target penjualan. Penghargaan ini bisa bonus insenfit uang tunai, liburan ke luar negeri, perhiasan, piagam dan sebagainya. Dengan hal ini, setiap karyawan akan semakin termotivasi dalam mengasah skill dan kompetensinya.
***

Manfaatkan aplikasi manajemen kompetensi dari LinovHR untuk mempermudah audit atau inspeksi kompetensi karyawan secara berkala di perusahaan Anda. Semua sertifikasi, pelatihan, pendidikan dan keterampilan karyawan dapat disimpan ke database dan disediakan secara efisien kapan pun dibutuhkan. Coba gratis LinovHR sekarang juga, lewat sini -> https://www.linovhr.com

Agar mudah mengakses Blog Gue di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses Blog Gue dari layar utama smartphone dengan klik ikon Blog Gue.

You Might Also Like: