Skip to main content

Blog Gue

follow us

Pilih Jadi Blogger Atau Jadi Youtuber?

Pilih Jadi Blogger Atau Jadi Youtuber? Postingan kali ini kita akan berbicara tentang pilihan antara jadi youtuber atau jadi blogger. Ini adalah pertanyaan yang menarik buat kita bahas.

Kalau ada yang bertanya kepada saya apakah memilih jadi youtuber atau jadi blogger, kalau saya pasti akan menjawabnya pemilih dua-duanya.

Karena kalau selagi ada kegiatan online yang bisa kita lakukan, maka sebaiknya kita melakukan. Apalagi YouTube dan Blogger adalah gratis, jadi tinggal kita berkreasi saja.

Jadi tidak ada salahnya kita lakukan dua-duanya selagi kita mencari rezeki dari online, maka apapun kegiatan yang bisa menghasilkan dari online, ya... kita mencobanya saja. Tapi tentu saja yang kita coba hal-hal yang positif ya karena banyak juga cara-cara untuk mendapatkan penghasilan online dengan cara-cara yang tidak baik.

Lalu bagaimana cara mengolahnya? Mungkin akan jadi lebih repot harus menulis di blog dan harus bikin video.

Jadi tambah banyak kerjaannya, jadi tambah bingung cari idenya. Nah tentu saja ada pertanyaan-pertanyaan seperti itu.

Sebenarnya kalau kita mau kreatif, kita bisa membuat dua hal tersebut dengan 1 buah video. Contohnya seperti ini, misalnya kita merekam video tentang keseharian, misalnya tentang memancing atau hanya video berangkat kondangan, nonton sirkus, pergi ke pasar malam dengan keluarga dan anak-anak.

Nah konten-konten video itu bisa juga kita jadikan sebagai konten blog. Jadi kita tinggal ceritakan lagi apa yang terjadi dalam video ke dalam tulisan di blog.

Dan di akhir cerita, kita bisa tulis ajakan untuk nonton videonya. Misalnya, "kalau ada yang penasaran dengan videonya, silakan tonton videonya di bawah ini ya..." kira-kira seperti itu.

Sebagai contoh mungkin Anda bisa lihat di blog Kompi Ajaib. Mungkin bisa melihat postingan yang di bawahnya ada juga videonya. Video itu untuk memperjelas tutorial, jadi jika ada yang tidak jelas dengan tutorial di blog, maka bisa memperjelasnya atau menonton videonya agar lebih jelas secara prakteknya.

Jadi kalau suruh milih antara jadi blogger atau jadi youtuber, kalau saya pilih dua-duanya aja karena memang 2 platform tersebut gratis.

Paling kalau kita ngeblog di blogger, tinggal modal domain aja. Dan kalau di YouTube modalnya kamera.

Tapi yang jelas, untuk keduanya kita harus memiliki laptop atau komputer walaupun laptop bekas atau pc bekas, agar semakin mempermudah kita menjalani sebagai blogger atau sebagai youtuber.

Kalau blogger mungkin lebih mudah mempelajari atau membuat tulisan, Terus kalau YouTube mungkin akan lebih mudah dan mengedit video nya atau proses upload videonya.

Dari YouTube memang saya belum apa-apa, belum menghasilkan apa-apa. Tapi saya yakin kalau kita rajin dan bekerja lebih keras, maka hasilnya tidak akan membohongi. Nanti hasilnya juga akan mengikuti usaha kita.

Jika kita mempelajari sesuatu dengan sungguh-sungguh, hasilnya juga pasti akan menjadi lebih baik. Namun tentu saja dalam proses tersebut akan ada kegagalan. Tapi kegagalan tersebut adalah sebagai pemacu semangat kita untuk menjadi lebih sukses lagi.

Jadi sekarang tidak perlu bingung lagi ya, jadi bisa dua-duanya kita bisa jadi youtuber kita bisa juga jadi blogger yang nantinya dua-duanya bisa menghasilkan pendapatan.

Konten tentang pilihan jadi youtuber dan blogger ini saya buat juga dalam konten audio visual yang bisa di tonton di video berikut ini.

Agar mudah mengakses Blog Gue di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses Blog Gue dari layar utama smartphone dengan klik ikon Blog Gue.

You Might Also Like: