Skip to main content

Blog Gue

follow us

Yogyakarta Salah Satu Surganya Kuliner Nusantara

Yogyakarta Salah Satu Surganya Kuliner Nusantara - Indonesia memang sungguh memiliki keanekaragaman kuliner dengan cita rasa yang kaya bahkan menjadi primadona di dunia. Mulai dari masakan rendang yang sudah diakui sebagai makanan terenak di dunia, juga pempek dengan rasanya yang asam manis, gudeg dengan tekstur yang lembut dan rasanya yang manis, gado-gado sebagai salad khasnya Indonesia, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Berbicara tentang kuliner di Indonesia, Yogyakarta adalah salah satu surganya kuliner Nusantara. Bukan hanya sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga menjadi kota kuliner yang siap memanjakan para pemuja rasa untuk memenuhi hasratnya.

Kuliner Yogyakarta ini seperti tidak pernah ada habisnya, di mana kelezatan rasanya terus terasa hingga kini. Makanya tidak heran bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke Yogyakarta, pasti memiliki cerita kuliner yang akan selalu menjadi kangen pada kota Yogyakarta.

Banyak tempat kuliner yang harus kalian kunjungi jika kalian sedang berada di Yogyakarta untuk mencicipi nikmatnya kuliner Yogyakarta.

Misalnya makan gudeg khas Wijilan, karena ada anggapan belum ke Yogya jika belum makan gudeg. Masakan gudeg ini terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan santan, ditambah dengan bumbu rempah dan gula jawa. Rasanya yang manis dengan warnanya yang kecoklatan menjadikan gudeg sebagai salah satu ciri khas kuliner dari Yogyakarta yang terkenal.

Dan Kampung Wijilan adalah salah satu tempat gudeg asli Yogya, sehingga dikenal dengan sebutan Kampung Gudeg Wijilan atau Sentra Gudeg Wijilan. Kampung Wijilan ini terletak di tengah kota dan ini masih termasuk di dalam lingkungan Kraton Yogyakarta.

Atau kalian mencoba mencicipi soto Pak Marto, soto di Yogyakarta dengan kuahnya yang bening, rasanya yang segar, ditambah dengan potongan daging sapi yang besar. Nah, soto Pak Marto ini adalah makanan yang pas untuk sarapan pagi selama berada di Yogya dengan kuah yang hangat. Lokasi soto Pak Marto ini berada tak jauh dari Plengkung Gading.

Dan masih banyak lagi kuliner-kuliner Yogyakarta yang sayang jika kalian lewatkan, seperti Sego Godhog Pak Manto, Sate Klathak Pak Bari yang berada di tengah pasar Wonokromo Bantul, Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung, Angkringan Pendhopo Dalem, Sate dan Tongseng Bu Tukinem, dan masih banyak lagi tempat-tempak kuliner yang wajib kalian kunjungi jika berlibut ke Yogyakarta.

Agar mudah mengakses Blog Gue di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses Blog Gue dari layar utama smartphone dengan klik ikon Blog Gue.

You Might Also Like: