Skip to main content

Blog Gue

follow us

Tidak Ada yang Disebut Diabetes Kering dan Basah

Tidak Ada yang Disebut Diabetes Kering dan Basah - Banyak orang yang mengkategorikan diabetes menjadi 2 tipe, yaitu diabetes kering dan basah, sehingga muncul pertanyaaan seperti di https://www.guesehat.com/benarkan-ada-diabetes-kering-dan-basah. Padahal di dalam dunia medis tidak ada hal yang demikian.

Secara umum diabetes terbagi menjadi tiga jenis, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional selama masa kehamilan, seperti yang terdapat di guesehat.com. Meskipun ketiga jenis tersebut berbeda, namun setiap kondisi itu menandakan bahwa penderita memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Memang tidak mudah untuk membedakan antara diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, sebagaimana yang bisa Anda lihat di guesehat.com. Salah satunya karena sebagian orang percaya bahwa seseorang yang menderita diabetes tipe 2 biasanya disebabkan karena kelebihan berat badan, namun tidak membutuhkan injeksi insulin. Sedangkan penderita diabetes tipe 1 cenderung kekurangan berat badan sehingga membutuhkan pengobatan dengan suntikan insulin.

Namun demikian, ternyata persepsi tersebut tidak sepenuhnya benar. Dikarenakan terdapat 20 persen penderita diabetes tipe 2 yang memiliki berat badan yang normal ketika didiagnosis, namun banyak dari mereka yang bergantung pada pemberian insulin tambahan.

Hal yang sama juga terjadi pada penderita diabetes tipe 1, bahkan di beberapa kasus ditemukan mereka juga mengalami kelebihan berat badan. Pada dasarnya memang kedua tipe diabetes ini dapat bervariasi dan agak sulit untuk diprediksi, sehingga sulit untuk diketahui tipe diabetes yang mana yang diderita oleh seseorang.

Oleh karena itu, masyarakat tidak boleh berasumsi bahwa seseorang yang kelebihan berat badan dan memiliki kadar gula yang tinggi mengalami diabetes tipe 2, karena bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh diabetes tipe 1.

Penderita diabetes juga rentan mengalami luka yang tak kunjung sembuh, yang mana kondisi itulah yang sering disamakan sebagai diabetes basah oleh masyarakat. Apapun namanya, yang perlu dilakukan ketika penderita diabetes mengalami luka adalah segera ditangani dengan benar.

Selain itu, yang juga perlu untuk diingat adalah bahwa tidak yang namanya diabetes kering dan diabetes basah dalam istilah medis. Apapun tipe diabetes yang diderita, maka penderita harus tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Jika Anda merasa kesulitan merawat luka diabetes di rumah, Anda dapat mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Agar mudah mengakses Blog Gue di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses Blog Gue dari layar utama smartphone dengan klik ikon Blog Gue.

You Might Also Like: