Skip to main content

Blog Gue

follow us

Ini Dia Ciri Virus Corona yang Perlu Kita Ketahui

Ini Dia Ciri Virus Corona yang Perlu Kita Ketahui - Corona merupakan sebuah virus yang dapat menyebabkan orang yang dijangkiti mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti batuk, demam hingga infeksi saluran pernafasan bawah yang dapat menyebabkan sesak nafas pada penderitanya.

Virus yang kini telah menjangkiti ratusan negara di berbagai belahan dunia ini telah dinyatakan sebagai pandemi global, yang memang perlu untuk diwaspadai. Peningkatan jumlah pasien penderita corona yang ada di seluruh dunia dari hari ke hari merupakan salah satu hal yang membuat pandemi ini semakin sulit untuk diatasi.

Oleh karenanya pencegahan agar tidak tertular virus ini merupakan cara paling efektif untuk mengurangi dan menghilangkan pandemi yang sedang terjadi secara global ini.

Berikut ini bahasan mengenai ciri virus corona serta cara pencegahan yang efektif, yang mungkin dapat kita jadikan sebagai bahan referensi.

Gejala awal ketika seorang terpapar virus corona biasanya akan lebih sering mengalami peningkatan intensitas buang air besar dengan feses cair atau yang lebih sering dikenal dengan diare.

Meskipun penderita mengalami diare namun diare ini tidak menimbulkan rasa sakit pada perut penderitanya. Batuk kering dengan rasa gatal pada tenggorokan pun akan dialami oleh penderita yang terpapar virus corona ini. Meskipun batuk akan terus dialami penderita, namun dahak tidak akan terbentuk dari batuk yang dialami ini.

Ciri virus corona lainnya, yang akan timbul jika terpapar dalam diri seseorang, selain diare dan batuk kering, antara lain adalah:

  • Tenggorokan pada penderita akan terasa sakit dan panas, seperti layaknya seseorang yang sedang mengalami radang tenggorokan.
  • Demam merupakan reaksi tubuh pada orang normal, yang memang terserang sebuah infeksi pada bagian tubuhnya. Pada penderita yang terpapar virus corona, demam biasanya akan dialami pada hari ke 5 pasca terpapar virus tersebut.
  • Nyeri yang terjadi pada otot tubuh penderita yang terpapar virus corona. Nyeri ini dapat terjadi karena adanya bahan kimia sitokin yang dilepaskan ke dalam tubuh akibat terjadinya infeksi pada bagian tubuh lainnya.
  • Mata menjadi merah, kondisi ini disebabkan karena infeksi virus corona dapat menyebabkan konjungtivitis yang mengakibatkan mata menjadi merah.
  • Badan menjadi cepat lelah, meskipun tidak melakukan banyak aktivitas. Pilek pun terkadang dialami oleh para pasien yang terpapar virus, meskipun hanya sebagian diantaranya.

Ciri lain yang mungkin terjadi pada penderita yang terpapar virus corona adalah hilangnya indra perasa dalam tubuh mereka, sehingga semua makanan yang masuk ke dalam mulut akan terasa hambar. Selain indera perasa, indera penciuman pun akan berkurang cukup drastis, sehingga bau apapun akan tidak begitu dirasakan oleh penderita yang terpapar virus corona.

Gejala dan ciri di atas, biasanya akan dialami oleh orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rentan, sehingga berbagai gangguan dan infeksi akan mudah menyerang. Bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat, biasanya ketika terinfeksi virus corona ini, maka gejala dan ciri tidak akan timbul dalam diri mereka. Dan penyembuhan pun dapat terjadi dengan sendirinya oleh sistem imun yang baik.

Ciri virus corona yang tidak tampak pada penderita dengan sistem imun tubuh yang baik inilah, justru akan menyebabkan banyaknya persebaran virus kepada orang lain. Oleh karenanya menjaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya akan lebih disarankan untuk dilakukan. Selain menjaga jarak penggunaan masker baik bagi orang sakit ataupun sehat wajib hukumnya, agar nantinya penyebaran virus tersebut dapat dicegah dengan mudah.

Agar mudah mengakses Blog Gue di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses Blog Gue dari layar utama smartphone dengan klik ikon Blog Gue.

You Might Also Like: