Skip to main content

Blog Gue

follow us

Cara Cek Merek Dagang Online di Indonesia

Cara Cek Merek Dagang Online di Indonesia - Saat akan mengajukan permohonan merek, langkah yang paling disarankan adalah memahami cara cek merek dagang online secara menyeluruh. Proses penelusuran (search) berasal dari database Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Fungsinya untuk memberi gambaran seluruh merek yang telah terdaftar, berikut kesamaan yang mungkin sama dengan merek yang akan diajukan.

Berdasarkan peraturan Pasal 6 Ayat 1 Huruf a dan b No 15 Tahun 2001 perihal merek, permohonan dapat ditolak jika memenuhi beberapa aspek seperti berikut:

  • Memiliki kesamaan pada pokok atau keseluruhan dengan merek pihak berbeda dan telah terdaftar lebih dulu. Merek ini mencakup pada produk barang atau jasa sejenis.
  • Memiliki kesamaan dengan pokok atau keseluruhan dengan merek terkenal, termasuk luar negeri yang telah terdaftar lebih dulu. Merek meliputi barang atau jasa sejenis.

Kesamaan yang disebutkan yakni kemiripan dari beberapa aspek yang menimbulkan kesan sama terkait penempatan, bentuk, susunan warna, penulisan atau unsur pada bunyi yang sama. Apabila satu atau lebih unsur dimiliki oleh pemohon maka secara otomatis pengajuan pendaftaran akan ditolak Djki.

Karenanya, setelah menetapkan merek beserta logo pastikan lebih dulu dengan mengecek untuk menghindari kerugian. Resiko penolakan mengakibatkan biaya dan tenaga yang terbuang percuma.

Cara Cek Merek Dagang Online

Fasilitas yang disediakan oleh Djki di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) adalah akses On-Line Data Merek Indonesia. Fitur yang tersedia memudahkan pengguna atau pemohon untuk menelusuri seluruh merek yang telah didata badan Djki dan dipasarkan di Indonesia.

Cara penggunaannya cukup mudah, dengan mengetik kata atau kalimat sesuai merek yang akan diajukan di link http://merek-indonesia.dgip.go.id/. Berikutnya akan muncul seluruh merek serupa sesuai kata yang dicantumkan. Anda dapat melihat banyak tidaknya unsur kemiripan pada setiap merek dan logo yang terlihat.

Perihal informasi lebih lanjut, pemohon dapat menghubungi email atau mengunjungi situs resmi Djki untuk memahami lebih detail panduan pencarian. Situs ini juga dilengkapi peraturan dan langkah pendaftaran seluruh layanan Djki.

Pengecekan merek terdaftar menggunakan metode komprehensif atau memeriksa dengan jangkauan luas dengan data merek yang beroperasi di Indonesia. Pencarian pun dianalisa dengan ketentuan yang tertera dalam undang-undang merek.

Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah mencantumkan nama yang orisinal, memiliki makna serta bukan hasil plagiarisme atau plesetan dari brand besar yang lebih dulu ada.

Proses Penelusuran Merek Terdaftar

Merek yang nantinya muncul dalam kolom pencarian adalah database yang terdaftar pada Djki atau telah menerima persetujuan untuk publikasi bisnis. Sedangkan, untuk seluruh merek yang masih adalah proses pendaftaran di kantor terkait tidak akan dimunculkan.

Data ini sebenarnya cukup beresiko, karena merek yang sedang proses pendaftaran otomatis akan disetujui lebih cepat. Ada dua alternatif yang bisa Anda tempuh yakni menggunakan jasa Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau dengan menghubungi pihak Djki langsung.

Jika menghubunginya secara pribadi, Anda bisa memperoleh data terkait merek apa saja yang telah didaftarkan namun masih dalam proses pemeriksaan. Sedangkan untuk proses penelusuran dengan jasa Konsultan HKI biasanya memakan waktu tujuh hari kerja.

Hasil penelusuran tersebut, bakal dianalisa untuk diberi advise kepada pengguna jasa, lalu menampilkan data merek yang telah terdaftar atau masih dalam tahap seleksi oleh lembaga berwenang. Nah, bagaimana? Cara cek merek dagang online di atas cukup mudah kan, Anda juga dapat memilih alternatif pemeriksaan melalui mandiri atau kuasa.

Agar mudah mengakses Blog Gue di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses Blog Gue dari layar utama smartphone dengan klik ikon Blog Gue.

You Might Also Like: